Minggu, 17 Januari 2016

cerpenn







CERITA SINGKAT

Pengalaman  PKK RS.D


saya pertama kali menjalani praktek rumah sakit disemester dua, Hari pertama diberi bekal dulu oleh dosen dan pembimbing lapangan, setelah itu langsung menuju ruangan untuk orientasi. Kami dibawa kesetiap ruangan tempat kami praktek mulai dari ruang IGD, Bedah, Interne, dan Labor. Terus terang waktu itu saya sama sekali tidak tahu apa-apa tentang ruangan-ruangan itu sebelumnya, karena sebelum kuliah di akbid saya hanya tahu ruangan VIF, karena beberapa kali menjenguk keluarga dan teman-teman yang sakit. 
 Saya membayangkan setiap ruangan dari namanya, mulai dari ruang bedah, saya membayangkan ruang bedah itu isinya sangat menyeramkan, banyak orang yang dibedah-bendah, disayat-sayat ~imajinasi liar~. Lalu ruang interne, saya tidak bisa membayangkan apapun karena saya terus terang belum pernah mendengar kata itu sebelumnya. Ruang IGD, saya membayangkan ruangan itu serba cepat dan tanggap, kenapa? karena saya hanya melihat dari namanya, Instalasi Gawat Darurat. Terakhir ruang labor, saya membayangkan seperti laboratorium canggih yang sering saya baca dibuku dan dilihat ditelevisi.Saya cukup khawatir dan terus terang saya grogi, tetapi kekhawatiran dan rasa grogi saya dengan sekejap hilang setelah saya melihat kondisi ruangan-ruangan itu yang sebenarnya, ternyata ruang interne dan bedah hanyalah ruang rawat inap biasa, dan IGD tidaklah segawat yang saya bayangkan, apalagi labor, tidaklah secanggih seperti yang saya lihat ditelevisi.Sebenarnya banyak cerita yang bisa saya tulis disini, tetapi saya hanya akan menulis
Sebulan bekerja sama dengan kaka senior di rs.d... banyak pengalaman yang di dapat selama di rs d, kaka senior  yang  ramah-ramah semakin betah praktek di rs D. selama kita praktek kita menjadi tau karakter orang hehehhee. ternyata orang sakit itu sensitif-sensitif bangett yaaaa... meskipun pasien nyaa rada-rada cemberutt kita tetap sabar untuk memberikan palayanan kesehatan (tetap tebar senyumann), kita dinas dari hari senin sampai sabtu , dan setiap hari senin dan rabu sebelum aktifitas praktek kita melaksanakan APEL dulu...yang telat suru baca UU... hhiihiiii.. upacara selesaii baru kita melakukan akitifitass sapaan pagii ke pasienn sambil melakukan tensi darah dan menanyakan keluhann pasienn.. setelah itu kita mengikuti kegiatan anak analiss ngambil sempel sempel darahh pasienn (pengalaman tambahaan ).. kalau ada yang operasii kita juga ikutt sertaa masukk ruang operasii meskipun cumann pandangg,, dan setelah nya nyuci alatt,, tapi itu pengalaman yang tidak pernah terlupakann..
 Banyak pengalaman yang  tidak dapat di kampus, bisa dapat di RS .. satu bulan menuntut ilmu di rs.. tidak terasa udah mau usaii , hari trkhir dinas kita seminar , seminar berlangsung santai tidak tegang,,.. thnkss buat pengalamann nyaa rs D.
rigkasnya saja mengenai hal-hal yang tidak akan pernah saya lupakan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar